20 MAKANAN KHAS CITA RASA ALA KAMBOJA

Posted by Menginspirasi Bersama on 4:37:00 AM



20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja Yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia Dan Tentunya Kamu Dapat Memakan Makanan dan Masakan Kamboja Ini. Tentunya Ada Yang Halal dan Haram Yah!!!

Masakan Kamboja merupakan salah satu khasanah kuliner tertua yang pernah ada. Kuliner ini merupakan perpaduan antara citarasa Vietnam dan Thailand. Tetapi walaupun Anda sudah pernah mencicipi masakan kedua negara tersebut bukan berarti Anda tak perlu mencoba masakan Kamboja. Kamboja menyimpan berbagai makanan yang patut dipuji karena kekayaan rasanya. Berikut Ini Adalah 20 Makanan Khas Negara Kamboja Untuk Anda Pecinta Kuliner.

20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja Yang Wajib Anda Coba

1. Bok L’hong Papaya Salad



Bok L’hong (បុកល្ហុង): salad pepaya muda ala Khmer, ditumbuk dan dicampur di dalam cobek. Hidangan ini mirip dengan tam mak hang khas Laos, namun memakai kemangi thai, buncis, kacang tanah yang disangrai, tomat mini, kepiting kecil yang difermentasi, ikan asap atau ikan asin, dan cabai. Saus berupa campuran jeruk limau, kecap ikan, dan prahok. Ini Merupakan Favorit Baihaqi Zhai Disini, Karena Melepas Rindu Dengan Rujak Ala Indonesia.

2. Ansom chek (អន្សមចេក):



Beras dan pisang dibungkus daun pisang, dibungkus memanjang dengan daun pisang seperti lontong dan dikukus. Kalau Di Daerah Baihaqi Zhai Biasanya Di Sebut Kue Pipis atau Kue Nagasari, Kuenya Mirip Seperti Makanan Jawa.

3. Ansom chrook (សន្សមជ្រូក):



Beras, daging babi, dan pasta kacang hijau dibungkus memanjang dengan daun pisang seperti lontong dan dikukus. Jadi Kayak Makan Bakchang Saat Festival Bakchang Lho, Rasanya Nikmat dengan Campuran Babi Yang Lezat.

4. Bai sach chrouk



Bai sach chrouk berarti babi dan nasi. makanan ini merupakan menu sarapan yang populer di Kamboja. Biasanya dijual di kedai-kedai pinggir jalan pada pukul enam sampai sembilan pagi. Makanan ini bahan-bahannya cukup sederhana. Terbuat dari daging babi yang diiris tipis, diolesi kecap, santan atau bawang putih dipanggang di atas bara arang agar rasa manis keluar. disajikan bersama nasi acar mentimun. sebagai pelengkap disediakan kaldu ayam yang ditaburi bawang merah dan irisan daun bawang. Nasi dalam bai sach chrouk terbuat dari butiran beras patah, beras berkualitas buruk yang biasa dijadikan pakan ayam. Pemilihan beras ini lebih merupakan tradisi Kamboja.Kalau sedang berkunjung ke Phnom Penh, Anda akan menjumpai penjaja makanan ini di sudut-sudut jalan kota tersebut.

5. Babar (បបរ):



Bubur beras, bisa tidak dicampur ayam, namun biasanya adalah bubur ayam atau bubur babi yang dihidangkan dengan tauge dan daun bawang. Babar praey adalah bubur asin. Makanan Lezat Bubur Ini Bisa Menggunakan Ayam, Babi, Sapi, dan Ikan.

6. Bai cha (បាយឆា)



Bong, Bai Cha Mui?? Bang, Tolong Nasi Gorengnya Satu. Variasi orang Khmer untuk nasi goreng. Jajanan Malam Yang Wajib di Coba Agan Setelah Sampai Kamboja, Pilihan Nasi Goreng Juga Ada Nasi Goreng Sapi, Babi, Ayam, Seafood, Udang, Cumi, dan Ikan

7. Ang dtray-meuk



Ang dtray-meuk sebenarnya adalah cumi-cumi utuh yang dipanggang. Ang dtray-meuk adalah jajanan yang biasa ditemui di kota-kota pesisir seperti Sihanoukville dan Kep. Para penjaja makanan ini biasanya membawa pemanggang yang dipikul di pundak. Cara pembuatannya sangat sederhana. Cumi-cumi diolesi dengan perasan jeruk nipis atau saus ikan kemudian dipanggang di atas barang arang. Untuk penyajiannya disediakan saus kemerahan khas Kamboja dalam mangkuk kecil.

8. Ban Hoaw (បាញ់ហយ):



Bihun dengan kuah saus ikan manis, dihidangkan bersama daun mint, kacang tanah yang dihaluskan, acar sayuran, dan lumpia.

9. Semut merah dengan daging dan daun basil



Serangga adalah bahan makanan yang sering dijumpai dalam kuliner Kamboja. Tarantula, jangkrik, belalang, dan kalajengking biasanya dijadikan cemilan khas yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Kalau Anda ingin mencoba salah satu dari makanan ekstrem ini, pilihlah semut merah. Rasa dan bentuknya lebih mudah diterima lidah orang asing daripada jangkrik atau kalajengking. Semut merah dalam berbagai ukuran digoreng dengan jahe, serai, bawang putih, daun bawang dan irisan daging sapi. Untuk melengkapi citarasa alami semut yang cenderung asam, ditambahkan pula cabai yang berlimpah.

10.Caw ( ឬសម្លខ):



Semur-Semuran, Seperti Semur daging ayam, daging babi, dan telur dengan gula jawa; kadang-kadang ditambah dengan tahu atau rebung. Masakan ini mirip dengan thịt kho dari Vietnam. Cha knyey (ឆាខ្ញី): cah daging pedas dengan merica, irisan halus jahe, dan cabai.

11. Fish amok (Amok trey)



Amok trey (អាម៉ុកត្រី): ikan masak kari kuah santan, dibungkus daun pisang dan dikukus. Fish amok termasuk makanan Kamboja yang paling populer. Masakan ini bentuknya menyerupai puding, tetapi mempunyai citarasa yang gurih karena terbuat dari ikan. Yang membuat makanan ini terasa unik di lidah adalah penambahan slok ngor, rempah khas Kamboja yang rasanya sedikit pahit.

12. Jroak sway (ជ្រក់ស្វាយ):



Salah Satu Favorit Baihaqi Zhai Untuk Makanan Khmer, Karena Terbiasa Makan Makanan Dari Alam Sendiri, Alias Punya Pohon Mangga Di Rumah. Mangga Jadi Salah Satu Favorit. Kalau Jroak Sway Berarti Salad irisan mangga muda dengan saus kecap ikan dan cabai; biasanya dihidangkan sebagai lauk tambahan sewaktu makan nasi dengan ikan panggang atau ikan goreng.

13. Kari merah Khmer



Kari merupakan kuliner khas Asia. Tiap negara punya resep khasnya masing-masing, begitu juga dengan Kamboja. Di Kamboja kari disajikan dengan kuah merah yang kental. PEnampilannya mirip dengan kari khas Thailand. Meskipun terlihat banyak mengandung cabai, ternyata kari Khmer ini tidak sepedas kari di Thailand. Isinya terdiri dari daging sapi, ayam atau ikan, terong, buncis, kentang, dan santan. Biasanya dimakan dengan roti, hasil dari pengaruh budaya Prancis yang pernah menjajah negara tersebut.

14. Beef Loc lac (ឡុកឡាក់)



Biasanya Kebanyakan Sapi Jarang Ada Loc Lac Babi. Tumis potongan daging berbentuk dadu yang dihidangkan bersama; dihidangkan bersama irisan bawang bombay merah di atas daun selada, mentimun, dan tomat. Loc lac dimakan setelah dicelup ke dalam saus jeruk limau dan dan/atau merica hitam. Dalam masakan Vietnam dikenal hidangan serupa yang disebut bò lúc lắc. Makanan Ini Wajib Di Coba, Eits Bagi Kamu Yang Tidak Boleh Makan Sapi Alias Haram Makan Sapi Pilih Menu Babinya Yah!!

15. Nom banhchok (នំបញ្ចុក):



Bihun dengan sayuran mentah. Ada dua jenis kuah yang menyertai hidangan ini, kuah hijau dan kuah merah. Kuah hijau dibuat dari daging ikan yang dihaluskan, serai, dan kroeung. Sup mereah dibuat dari daging ayam dan kari bersantan. Samlor kari juga bisa dipakai sebagai kuah.

16. Yao hon atau yaohon (យ៉ៅហ៊ន)



Yao hon atau yaohon (យ៉ៅហ៊ន) merupakan hot pot ala Khmer dengan isi daging sapi, udang, bayam, adas manis, kwetiaum dan jamur.

17. Ngam nguv



Sup ayam dengan aroma jeruk sitrun yang dikeringkan.

18. Sankya lapov dan Kralan



Hidangan penutup dari labu parang dan santan kelapa. Kralan, kue dari beras, parutan kelapa, dan santan.

19. Samlor kari nom banh jok (សម្លការីនំបញ្ចុក):



Kari ayam pedas bersantan khas Kamboja, dihidangkan bersama buncis mentah, irisan kubis, wortel, dan pepaya muda. Kari ini juga dipakai untuk mencelup baguette. Somlar kari (សម្លការី): kari merah bersantan dari daging ayam, berisi ubi jalar, irisan halus bawang bombay dan rebung.

20. Samlar machu (សម្លម្ជូរយួន)



Sup asam jawa berisi daging ikan atau daging ayam, tomat, akar seroja, dan dibumbui dengan prahok (Daging ikan cincang (biasanya ikan gabus) yang digarami, difermentasi, dan dibungkus daun pisang.). Hidangan ini mirip dengan sup canh chua dari Vietnam.

Sumber / References :: http://bhq.web.id/

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 4:37:00 AM

2 comments:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IGpoker..

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB