NIKMATNYA MAKANAN KHAS SULAWESI BARAT

Posted by Menginspirasi Bersama on 5:57:00 PM



Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke. Makanannya juga beragam terutama dari makanan khasnya. Salah satunya adalah makanan khas Sulawesi Barat. Sulawesi Barat memiliki berbagai macam makanan yang patut untuk dicoba dan juga melestarikan panganan khas yang bisa dibilang memiliki rasa yang unik dan menarik. Apabila akan mengnjungi pulau Sulawesi, khusunya Sulawesi Barat jangan lupa untuk mencicipi makanan yang ada. Berikut adalah berbagai macam makanan khas Sulawesi Barat agar dapat menambah referensi makanan yang tentunya lezat dan nikmat :

1.     Golla Kambu



Merupakan makanan tradisional yang terdapat di Polewali Mandar. Terdiri dari beras ketan, kelapa dan gula merah. Makanan ini berwarna cokelat dan memiliki serat –serat. Seklias nampak seperti wajik yang biasa terdapat di daerah jawa. Rasa yang manis dan legit menjadikan rasa golla kambu dapat menggoyang lidah kita. Golla kambu ini dibungkus dengan daun pisang kering. Sangat cocok untuk dijadikan buah tangan untuk camilan ataupun untuk disajikan di ruang keluarga.

2.     Jepa



Masakan yang mirip dengan cara membuat serabi ini banyak menjadi favorit para pelancong yang mengunjungi daerah khas Mandar. Merupakan salah satu makanan pokok karena dibuat dari parutan ubi dan kelapa. Kandungan karbohidrat yang tinggi bisa menjadi pengganti nasi. Cocok untuk dimakan bersama lauk pauk lain.

3.     Ikan Terbang Asap



Daerah Majene menyajikan sajian ikan yang berbeda dari daerah lain pada umumnya. Yaitu ikan terbang yang diolah dengan cara pengasapan. Rasanya yang gurih menjadikan ikan terbang memiliki rasa yang unik. Tetapi ikan terbang ini dilindungi statusnya karena semakin sedikit populasinya.

4.     Kue Kerawang



Nama kerawang justruk tidak menunjukkan daerah pembuatannya tetapi kue ini merupakan kue khas. Kue ini merupakan kue yang biasanya disajikan pada hari – hari besar, karena pembuatannya yang harus memerlukan ketelitian sehingga menjadi kue yang memilki kualitas terbaik.

5.     Binte Biluhuta



Karena merupakan daerah penghasil jagung. Makanannyapun juga terbuat dari jagung terutama jagung manis. Binte Biluhuta namanya dan sekilas tampak seperti satu mangkuk sop jagung. Tetapi terdapat campuran bahan yang lain yaitu udang, daun bawang, jeruk nipis dan bahan pelengkap lainnya.

6.     Ayam Iloni



Ayam memang sudah banyak diolah menjadi makanan – makanan yang bervariasi. Tetapi ayam iloni adalah ayam bakar tetapi dengan memakain bumbu yang berbeda dari biasanya. Salah satu bahannya adalah jahe dan kunyi menjadikan aroma dari ayam yang dibakar setelah dibalur oleh bumbu memiliki aroma yang menggoda.

7.     Sashimi Tuna



Sashimi bukan hanya makanan khas negara Jepang saja. Karena produksi ikan tuna yang besar, banyak warung yang menyediakan panganan yang tidak dijumpai ditempat lain.

Makanan khas Sulawesi

Sebenarmya masih banyak lagi makanan – makanan khas yang ada di daerahSulawesi Barat. Tetapi pada umumnya di pulau Sulawesi ini banyak juga makanan yang hampir sama dengan satu daerah dengan daerah yang lain. Makanan khas yang dibuat sebenarmya berdasar kepada bahan apa saja yang diproduksi dari suatu daerah. Apakah itu hasil tani ataupun hasil laut.

Terlepas dari banyaknya makanan khas yang ada, di Sulawesi juga memiliki cara membuat makanan yang beragam dan momen yang tersebut bisa diabadikan dalam foto maupun video yang bisa dibagikan dimedia sosial. Tidak hanya sekdar mencicipi makanan, proses pembuatannya pun dirasa penting agar mengetahui bagaimana proses pembuatan dan juga bahan apa saja yang digunakan sehingga memiliki cita rasa yang khas dan tentunya sebagai referensi makanan yang cocok untuk dimakan bersama keluarga tercinta.

Banya resep yang telah disediakan, baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk digital. Tetapi akan berbeda cita rasanya ketika membuat makanan khas Sulawesi tetapi tidak membuat langsung pada daerah asal makanan yang akan dibuat. Tetapi tidak ada salahnya mengobati rasa penasaran bagi para pelancong ataupun yang memburu wisata kuliner. Sekarang banyak sekali restoran maupun tempat yang menjajakan makanan khas Sulawesi tersebut.

Banyak Makan, Banyak Cerita

Dikemajuan zaman yang sekarang ini, makanan yang kita makan dapat dibagikan di media sosial dan akan menjadikan banyak komentar dan review tentang apa yang kita bagikan kepada orang lain. Banyak makanan, tentunya akan banyak cerita. Mencari makanan tentunya secara tidak langsung akan berinteraksi dengan penjual makanan tersebut. Makanan yang mengandung cita rasa yang bagus, tentunya dijual yang tepat dan dengan cara pengolahan yang baik dan benar. Cerita yang didapat tentunya juga bisa menjadi banyak pertanyaan yang timbul. Baik itu sejarah dari makanan yang dibuat ataupun bagaimana asal usul dari makanan tersebut. Tentunya sebelumnya kita juga mencari tahu asal dari makanan dibuat, barulah tentunya mengunjungi tempat daerah asal makan yang dibuat dapat menjadi sensasi tersendiri agar menikmati makanan yang segar dan juga langsung dibuat didaerah asal.

Bagi yang mempunyai hobi jalan – jalan juga bisa dimanfaatkan sebagai hobi ataupun pekerjaan dalam mengomentari ataupun memberikan tempat makan yang enak. Tentunya disamping menjadikan hobi juga bisa mendapatkan penghasilan sekaligus memberikan pengetahuan tentang makanan terhadap banyak orang. Menulis juga bisa dimanfaatkan dalam hal ini. Bisa dijadikan alur cerita yang bagus antara percakapan dengan penjual makanan dan dapat dituangkan dalam bentuk buku tentang makanan ataupun dalam bentuk blog.

Tentunya informasi yang diberikan juga harus sesuai dengan apa yang dirasakan dan apa yang ada dihadapan mata. Tidak memberikan informasi yang hanya memberikan informasi yang palsu karena dapat mebuat pemahaman yang salah kepada orang lain dan dapat berakibat fatal karena informasi yang salah tersebut. Cerita tentang asal makanan juga jangan terlau dibuat – buat dan harus sesuai apa adanya. Menyebarkan informasi adalah hal yang baik. Jangan sampai juga kita merasa dirugikan dengan mendapat informasi yang diperoleh apabila akan menulis tenang suatu makanan. Kita juga harus aktif bertanya ataupun mencari informasi yang benar jangan sampai akhirnya kesalahan informasi bisa berujung tindakan kita dirasa tidak semestinya.

Makan, makan dan makan. Dalam hal membicarakan makanan tidak ada habisnya jika menyebutkan makanan yang ada di Indonesia ini ataupun menyebutkan makanan yang ada di Sulawesi sekalipun. Untuk itu mencintai makanan khas juga perlu dilakukan agar banyak rekomendasi makanan yang dapat kita jadikan cerita ataupun kita bisa membuatnya walaupun cita rasanya yang berbeda tentunya. Makanan Sulawesi banyak dicari khsusnya bagi para perantau. Makanan daerah asal memang tiada duanya, rasa rindu terhadap makanan juga pasti ada. Untuk itu melestarikan makanan juga dapat membantu masalah tersebut. Membuka restoran makanan ataupun warung kecil khas makanan Indonesia merupakan salah satu cara yang baik dan juga harus mengolah makanan yang akan dimasak sesuai dengan daerah asalnya. Demikian tentang makanan khas Sulawesi Barat. Semoga bermanfaat.


Sumber / References :: http://www.slawog.net/

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 5:57:00 PM

1 comments:

  1. terima kasih atas informasinya, bisa juga mampir ke artikel mengenai pinjaman cepat jika berkenan. terima kasih banyak

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB