30 MAKANAN KHAS KOREA SELATAN

Posted by Menginspirasi Bersama on 6:03:00 PM



Makanan khas di Korea Selatan yang bisa kamu coba bukan hanya kimchi saja loh. Yap, seperti judul dari artikel ini, ada begitu banyak variasi makanan unik dan enak yang bisa kamu coba di Korea Selatan, bahkan kami sampai agak kesulitan untuk membuat list 10 makanan atau 20 makanan karena memang makanan di Korea Selatan ternyata banyak yang enak – enak dan kami tidak ingin mengurangi kesempatan kamu untuk mencoba semua makanan ini ketika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke Korea Selatan.

Selagi kamu membaca artikel ini, camkan ini di pikiran kamu Jika makanan terlihat aneh, justru rasanya luar biasa loh. Mari kita sama-sama simak apa saja makanan-makanan enak di Korea Selatan.

1. Sannakji



Bagi kamu pecinta makanan laut, yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan untuk dicoba. Sannakji adalah bayi gurita segar, saking segarnya sampai kamu akan melihat tentakelnya masih bergerak – gerak saat kamu jepit dengan sumpit dan masukkan ke dalam mulut. Wow!

Dimana kamu bisa mendapatkannya : pergilah ke pasar ikan di Seoul (seperti Garak atau Noryangjin) dan cari toko kecil yang menjual bayi gurita yang ditaruh di ember berisi air. Pilih beberapa, minta guritanya dipotong. Biasanya ada restoran di atas pasar ikan.

2. Makgeolli



Makgeolli adalah minuman beralkohol dari beras Korea. Minuman ini berwarna kuning seperti diberi kunyit. Rasanya lumayan manis dan mudah diminum, kadang Makgeolli juga ditemukan di dalam coklat.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : hampir semua toko menjual botol Makgeollli.

3. Jagung Rebus



Penjual jajanan jalan di Seoul biasanya akan menjual jagung rebus yang seperti ini, tidak jauh berbeda dengan kebiasaan kita di Indonesia. Nah lalu apa istimewanya dong? Yang membuatnya istimewa adalah jagung rebus disini renyah, gurih meski tidak ditambah mentega, dan kamu bisa memakannya tanpa perlu cemas ada yang menyangkut di gigi.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kamu bisa mencarinya di tempat-tempat biasa penjual jajanan jalan berada misalnya seperti di Supyo-ro.

4. Kue Beras Labu



Di kedai teh Cha Masineun Tteul, kamu bisa menemukan banyak pilihan teh tapi ada satu menu yang lain dari yang lain yaitu kue beras labu. Seperti kue beras lainnya, rasanya agak lengket tapi labunya memberi rasa manis yang membuat kue ini jadi unik dan tidak seperti kue lainnya. Ukuran kuenya cukup besar untuk dibagi – bagi ke teman – teman kamu. Jangan lupa dikirim ke saya juga yaa J

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kedai teh Cha Masineun Tteul, di Desa Bukchon Hanok.

5. Gogigui



Ingin merasakan memasak makanan kamu sendiri di Korea? Gogigui ini bisa menjadi pilihan yang menarik, karena Gogigui atau sering disebut “gui” merupakan Korean BBQ dan kamu akan memasaknya sendiri menggunakan panggangan yang ada di atas meja. Beragam jenis daging dan sayur dipanggang dengan kombinasi dari saus yang membuat rasanya jadi luar biasa.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kota Seoul memang memiliki banyak pilihan restoran baik besar maupun kecil yang menyediakan menu Korean BBQ.

6. Bibimbap



Bibimbap adalah makanan yang kamu akan sering jumpai di Korea. Makanan ini terdiri dari nasi, daging, sayuran, telur dan saus sambal. Makanan ini enak, murah, dan seru saat kamu mengaduk dan mencampurnya.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kamu bisa menemukannya dimana-mana!

7. Minuman Kopi Trendy

Menghabiskan Rp 80.000 – Rp 100.000 untuk minuman non alkohol mungkin kedengarannya boros, tapi bagi warga kota Seoul itu merupakan hal yang normal. Ada banyak variasi dari Frappuccino, latte, dan minuman dari green tea juga sangat trend saat ini. Jangan sampai kamu juga ketagihan.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kamu bisa mengunjungi daerah Samcheong-dong. Lokasinya ada di ujung utara kota tapi disini merupakan pusat dari segala sesuatu yang dianggap “keren”. Daerah ini dipenuhi dengan orang-orang yang berpenampilan modis banyak tempat makan yang menjual makanan dan minuman dengan harga tinggi. Kafe-kafe disini punya tema-tema yang unik seperti, Portland (Woodside Coffe), Jepang kuno (Azabu), perpustakaan (Cafe En), dan bahkan bengkel motor (Garage 107).

8. Tteokbokki



Manis, pedas, kenyal dan mengenyangkan itulah tteokbokki atau kue beras yang dicampur saus sambal kadang juga ada daging di dalamnya. Makanan ini cocok disantap bersama bir atau soju, tapi sebenarnya kita tetap bisa memakannya kapan saja.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kamu akan sering melihat penjual makanan membuat makanan ini dengan menggunakan wajan yang besar. Di malam hari pojangmachas (tenda-tenda restoran)  akan banyak muncul dan menjual makanan ini.

9. Tokkebi Hot Dog



Yap, itu adalah hot dog yang dibungkus oleh kentang goreng. Rasanya juga sangat enak dan kamu harus mencobanya tidak peduli diet apapun yang sedang kamu jalani. Kami jamin, saat kamu sudah menggigit potongan terakhir dari makanan ini, kamu akan heran kenapa makanan ini belum jadi trend di Indonesia.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : penjaja makanan jalanan di Insadong, Myengdong dan bahkan Anguk dengan senang hati akan menawarkan hotdog ini bersama dengan tteokbokki.

10. Soju



Soju adalah minuman beralkohol yang dibuat dari beras, dan minuman ini sudah menjadi bagian dari budaya Korea sama seperti Kimchi. Ada banyak aturan tata krama ketika minum soju, tapi yang paling penting adalah jangan menuangkan minuman ke dalam gelas sendiri (kecuali kamu memang minum sendirian). Dan ketika minumanmu sudah dituangkan, angkat gelas soju dengan kedua tangan, tunggu sampai gelas-gelas lain sudah diisi, lalu minum bersama-sama!

Dimana kamu bisa mendapatkannya : dimana-mana!

11. Donut Isi Kacang Merah



Korea Selatan sangat suka donut. Tidak hanya Seoul punya banyak outlet Krispy Kreme, tapi Dunkin Donut di sini juga rasanya lebih enak daripada di Indonesia. Jadi jangan kaget bila Korea punya versi isian donut sendiri, misalnya dengan donut manis yang diisi kacang merah dan dilapisi gula.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : donut ini dijual dimana-mana, tapi salah satu yang enak ada di Supyo-ro.

12. Kue Beras



Kue beras mungkin sudah menjadi ciri khas makanan Asia, tapi kue beras Korea memiliki cita rasa tersendiri dan kedai teh di Seoul biasanya akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : Di daerah Insadong ada banyak kedai teh, salah satu yang cukup unik adalah kedai teh yang bertemakan sekolah tahun 1960-an yang bernama Ppong Da Bong.

13. Roti Isi Telur

Telur di dalam roti panggang – ini bukan makanan sarapan saja! Manis dan mengenyangkan, roti panggang isi telur ini mirip dengan roti bakar ala Texas. Makan satu buah roti saja terasa kurang, untungnya harganya cukup murah yaitu sekitar Rp 10,000 saja.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : dari penjaja makanan jalanan.

14. Beondegi



Ketika mengunjungi penjaja makanan di jalanan coba tanya apakah mereka menjual Beondegi. Ini merupakan makanan yang mungkin cukup menantang untuk kamu coba di Korea. Beondegi adalah sup larva ulat sutra.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : Beondegi sudah semakin langka sekarang ini. Salah satu penjual makanan yang menjajakannya ada di dekat pepohonan sakura di luar taman bermain Seoul.

15. Acar Yang Diawetkan dan Makanan Pedas



Ingin mencari makanan ringan? Bagaimana kalau mencoba kepiting kecil pedas? Ayo, cobalah makanan khas lokal disini. Beberapa makanan ini adalah makanan ringan tradisional yang khas di Korea.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kepiting kecil, makanan laut dan sayuran seperti ini bisa kamu temukan di pasar Kwang Jang.

16. Lemon Segar Atau Es Tebu

Ketika kamu berkunjung ke kota Seoul di musim panas mungkin kamu bisa mencoba minum lemon segar atau es tebu untuk menghilangkan dahaga dari teriknya matahari.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : cobalah kunjungi daerah Myeongdong disana ada beberapa penjaja makanan di jalan yang bisa membuat es lemon segar atau es tebu langsung di hadapanmu.

17. “Kue Kotoran”



Supaya tidak ada kesalah pahaman, sebenarnya tidak ada kotoran yang dicampurkan dalam pembuatan makanan ini. Bentuknya saja yang dibuat mirip tumpukan kotoran. Kue ini cukup enak karena bagian luarnya renyah tapi lembut di bagian dalam karena biasanya kue ini diisi kacang merah.

Dimana kamu bisa mendapatkannya: Dong Bang adalah salah satu toko penjual kue kotoran yang cukup terkenal. tapi ada juga toko-toko lain yang menjual kue semacam ini.

18. Makan Siang Di Pasar Ikan

Ingin makan sashimi, sup ikan pari, acar ubur-ubur, kulit belut atau mungkin Sannakji yang sudah kita bahas sebelumnya kamu bisa dapatkan itu semua di pasar ikan yang ada di Korea. Cukup kunjungi salah satu penjual hasil laut segar setelah itu naik ke lantai atas untuk minta koki di restoran memasak semua hasil laut segar yang sudah kamu beli.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : dua pasar ikan di kota Seoul yang punya pelayanan cukup ramah pada turis adalah Noryangjin dan Garak.

19. Sate Jalanan



Babi, ayam, sapi, ikan dan kadang ada kue beras disulap menjadi sate pedas yang lezat di jalan-jalan kota Seoul. Biasanya makanan ini dimasak langsung di hadapanmu supaya kamu bisa menentukan berapa level pedas yang kamu inginkan.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : ada penjaja makanan di jalan dan tenda-tenda makanan yang khusus menjual sate seperti ini. Salah satunya ada di daerah Supyo-ro.

20. Schnee Pang



Schnee Pang adalah adonan tepung yang dibuat seperti bola dan digoreng. Rasanya manis dan punya variasi seperti coklat green tea yang ditaburi dengan gula di atasnya.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : ada toko khusus yang menjual makanan ini yang juga benama SchneePang, cabang dari toko ini biasanya ada di mall dan stasiun kereta. Makanan ini juga kadang bisa ditemui di toko-toko roti.

21. Es krim Cone Tinggi



Ukurannya besar dan juga murah hanya sekitar Rp17.000, rasanya enak cukup menggoda untuk dimakan lebih dari sekali dalam sehari.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : setelah hari gelap, cobalah jalan-jalan di Myeoungdong. Cari mesin pembuat es krim di depan toko yang sudah tutup, biasanya kamu harus antri membelinya.

22. Bungeoppang



Ini adalah kue manis berbentuk ikan yang berisi kacang merah. Kue ini cocok dimakan saat cuaca dingin. Bungeoppang adalah makanan favorit kedua setelah Sannakji.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : penjual kue Bungeoppang ini biasanya juga berjualan di tempat dimana penjaja makanan jalanan berada.

23. Makanan Segitiga



kamu ingin coba makanan dengan  bentuk yang unik? Cobalah kimbap. Kimbap adalah nasi tim yang dibungkus dengan rumput laut dan berisi sedikit daging atau ikan.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : ada banyak toko yang menjual makanan ini di kulkas mereka. Cobalah masuk ke 7-Eleven atau Familiy Mart untuk menemukannya.

24. Kentang Tornado



Ini adalah makanan ringan yang cukup unik dan enak untuk dimakan. Kami merekomendasikan untuk kamu mencoba hot dog kentang tornado dimana di bagian tengahnya terdapat daging hot dog.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : daerah Myeungdong punya banyak penjual makanan yang menjual kentang tornado ini.

25. Mayak Kimbap



Ini adalah versi yang lebih kecil dari kimbap yang sudah kita bahas sebelumnya, versi ini lebih mudah untuk dimakan bersama-sama dan ditemani dengan soju. kamu bisa celupkan ke dalam saus untuk memakannya, etika untuk memakannya adalah kamu memakai tusuk gigi. Makanan ini terbuat dari nasi yang dibungkus rumput laut dan diisi dengan acar atau sayuran segar.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kamu bisa menemukannya di penjual makan siang di stasiun kereta bawah tanah. Enam potong makanan ini tidak lebih dari Rp 20.000

26. Permen Bbokki



Kecil dan sederhana, bbokki adalah permen caramel yang dibuat menjadi seperti kue bundar yang dihias dengan desain yang sederhana. Seperti biasa, jajanan ini mudah dibuat, mudah dimakan, enak dan sangat murah.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : kamu bisa menemukannya di penjaja makanan di jalan Myeongdong.

27. Ayam Goreng Dan Bir Murah

Kita semua tahu bahwa KFC merajalela di banyak negara di dunia. Ayam goreng KFC begitu populer di Korea Selatan ketika pertama kali masuk ke Seoul hingga ayam goreng ini sudah diadopsi sebagai makanan nasional. Pesanlah seember ayam dan satu pitcher bir, maka kamu resmi jadi penduduk lokal.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : tentu saja di KFC, kamu juga bisa memesan paket ini dengan menghubungi nomor mereka dan minta dikirim ke tempat kamu.

28. Mul Kimchi



Jika kamu terlalu takut mencoba kimchi atau kamu mungkin pernah mencobanya dan merasa tidak menyukainya, mul kimchi adalah menu lain yang bisa kamu coba. Mul artinya “air”, jadi mul kimchi adalah sup kimchi, sup ini cocok disantap bersama hidangan makan malam atau makan siang lainnya.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : restoran di Seoul pada umumnya menjual mul kimchi.

29. Keripik Gurita Dan Cumi



kamu bisa pilih makanan laut apa yang mau dijadikan keripik. Penjual makanan kemudian akan mulai menggoreng makanan yang kamu pilih dengan menggunakan api kecil untuk menjaga cita rasa. kamu akan menikmati keripik gurita atau cumi yang enak (pastikan kamu tidak menyimpan sisa keripik ini terlalu lama atau makanan ini akan membuat tasmu jadi bau).

Dimana kamu bisa mendapatkannya : penjaja makanan di jalan Myeungdong, Anguk dan Insadong.

30. Donut Chapssal



Chapssal adalah donut yang terbuat dari beras dengan bentuk bola dimana bagian luarnya renyah dan kenyal di bagian dalam karena diisi oleh kacang merah atau kentang manis.

Dimana kamu bisa mendapatkannya : Paris Baguette, ini adalah toko roti bertema Perancis yang cukup terkenal di Seoul dan mereka menawarkan makanan ini dengan harga cukup murah.

List ini tidak bisa dibilang sudah mencakup semua makanan yang ada di Korea tapi tentu 30 list makanan Korea ini merupakan permulaan bagus sebagai informasi untuk jadi acuan apa saja yang kamu bisa nikmati di Seoul. Tentu masih ada hotteok, soondae dan pajeon. Untuk itulah kami sudah siapkan kolom dibawah dimana kamu bisa isi! Apa makanan favoritmu di Seoul yang kami masih belum sebutkan?


Sumber / References :: http://www.objekwisata.com/

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:03:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB