8 SAJIAN KHAS SKOTLANDIA YANG DIREKOMENDASIKAN UNTUK PARA TURIS ASING

Posted by Menginspirasi Bersama on 6:06:00 PM

Meskipun Skotlandia bukan merupakan negara yang terkenal akan kulinernya, beberapa makanan khas berikut direkomendasikan bagi para turis yang ingin berkunjung ke sana. Sudah kenal dengan makanan Skotlandia berikut ini? Yuk, cari tahu di sini:

Haggis



merupakan makanan yang terbuat dari jeroan domba (jantung, hati dan paru-paru) dicampur dengan cincangan bawang, oatmeal, suet (sejenis lemak), rempah-rempah dan garam. Cara pembuatan haggis biasanya dengan mencampur semua bahan lalu dibungkus menggunakan lambung domba kemudian direbus. Namun kini ada cara yang lebih modern dengan membungkusnya menggunakan bahan selain lambung domba. Mungkin bagi sebagian orang makanan ini memiliki tampilan yang kurang menggugah selera, namun haggis memiliki rasa yang gurih, dan biasanya disajikan dengan mashed potato.

Arbroath Smokie



Arbroath smokie merupakan ikan haddock yang dimasak dengan cara pengasapan (smoked fish). Awal terciptanya makanan ini tidak disengaja, ketika ada sebuah kebakaran melanda gudang tempat penyimpanan ikan haddock yang sedang diasinkan untuk proses pengawetan. Sejak saat itu makan ini menjadi makanan khas dari kota Arbroath.

Stovies



Stovies merupakan salah satu hidangan khas Skotlandia yang berbahan dasar kentang. Ada berbagai macam dan variasi resep stovies, tetapi biasanya mengandung kentang, bawang bombay, wortel dan sayuran lainnya, daging sapi panggang, kornet, daging cincang ataupun daging lainnya. Sajian ini biasanya dinikmati dengan oatcake.

Cullen Skink



Cullen skink merupakan sajian cream sup khas Skotlandia yang berisi smoked haddock, kentang, dan bawang bombay. Sup yang merupakan makanan khas dari kota bernama Cullen ini biasanya disajikan sebagai makanan pembuka dengan sepotong roti.

Cranachan



Hidangan pencuci mulut tradisional khas Skotlandia yang bernama cranachan ini biasanya terbuat dari campuran otameal yang telah dipanggang, whipped cream, whisky, madu, dan buah raspberi segar. Cara tradisonal dalam penyajian cranachan adalah dengan menyajikan seluruh bahan-bahan dan setiap orang dapat menyusun dessert sesuai dengan keinginan mereka.

Dundee Cake



Dundee cake merupakan fruit cake tradisional khas Skotlandia. Kue ini biasanya dibuat dengan kismis, sultana, kacang almond, dan ada juga yang menambahkan kulit buah di dalamnya.

Macaroni Pie



Kalau pada umumnya macaroni dioalah dengan keju, hidangan khas Skotlandia yang satu ini menggabungkan mac n cheese dengan adonan pie.

Neeps & Tatties



Neeps and tatties secara harafiah memiliki arti lobak dan kentang. Diolah dengan cara ditumbuk, sajian ini biasanya dijadikan sebagai hidangan pendamping untuk haggis atau jenis hidangan daging lainnya.

Tertarik dengan hidangan-hindangan di atas? Yuk, coba!


Sumber / References :: http://beautynesia.id/

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:06:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB