9 OLEH-OLEH KHAS JAMBI YANG PERLU DICOBA

Posted by Menginspirasi Bersama on 12:58:00 AM

Indonesia menjadi salah satu negara yang amat kaya akan rona wisata, khususnya olahan kulinernya. Tak terkecuali di Provinsi Jambi. Sebagai salah satu daerah di Pulau Sumatra, kuliner atau oleh-oleh khas di Jambi memiliki kemiripan dengan olahan daerah tetangganya seperti Palembang (Sumatra Selatan), Bengkulu, Pekanbaru (Provinsi Riau) maupun Padang (Sumatra Barat).

Tapi jangan salah, meski terbilang mirip, namun setiap masakannya memiliki kekhasan sendiri. Berikut beberapa oleh-oleh yang patut dicoba saat anda berkunjung ke Jambi.

1. Pempek



Siapa yang tak kenal pempek, jenis makanan ini sudah banyak dikenal di seluruh Indonesia. Bila selama ini orang banyak kenal pempek Palembang, di Jambi juga ada. Lantas, apa bedanya? Beberapa waktu lalu sempat muncul polemik soal Pempek antara Pemprov Jambi dengan Pemprov Sumsel. Isunya soal darimana asal pempek itu sendiri.

Sebagian mengatakan dari Palembang, tapi bagi orang Jambi, pempek Jambi memiliki tradisi dan budayanya sendiri. Sebagian budayawan Jambi bahkan bilang, pempek Jambi berbeda dengan pempek Palembang. Baik secara olahan maupun ciri budaya penyajiannya. Pempek di Jambi awalnya merupakan makanan yang biasa disajikan ketika acara-acara besar, seperti pernikahan atau perjamuan raja. Bahkan, konon, bedanya pempek Jambi dengan Palembang ada di cukanya, bila di Palembang bisa merusak gigi, namun di Jambi tidak merusak gigi. Pempek di Jambi juga banyak dijual dengan berbagai jenisnya. Hampir di tiap sudut Kota Jambi banyak yang menjual pempek.

2. Otak-otak



Sama seperti pempek, otak-otak juga menjadi makanan yang sudah banyak dikenal orang. Namun sekali lagi, di Jambi pasti lain. Apalagi, otak-otak di Jambi dibuat dari hasil olahan ikan lokal yang sebagian besar bersumber dari Sungai Batanghari, sungai terpanjang di Sumatra. Bagi sebagian besar warga Jambi, Sungai Batanghari adalah denyut nadi. Bahkan sampai ada yang bilang, "terminum air Sungai Batanghari, pasti sulit lupakan Jambi," Percaya?

3. Tempoyak Jambi



Lagi-lagi makanan ini sama seperti jenis makanan yang ada di daerah tetangga, seperti Palembang, Bengkulu dan Riau. Namun lain tempat pasti lain citarasanya. Tidak ada salahnya mencoba tempoyak khas Jambi, yang tentunya berbahan buah durian asli Jambi bercampur dengan ikan khas Sungai Batanghari, pasti akan memanjakan lidah anda. Untuk mencari tempoyak di Jambi tak perlu sulit, beberapa gerai makanan di Jambi selalu sedia makanan ini.

4. Dodol Nanas



Nanas menjadi salah satu komoditi unggulan di Jambi. Daerah penghasil nanas Jambi ini adalah Tangkit di Kabupaten Mauarojambi. Awalnya daerah ini adalah daerah rawa. Namun oleh sekelompok perantau dari Sulawesi, daerah ini kemudian disulap sebagai kawasan sentra perkebunan nanas.

Hampir seluruh warga Tangkit bergantung pada produksi nanas. Tak ayal, berbagai olahan nanas pun banyak di produksi oleh warga di daerah Tangkit. Tak hanya dodol, sejumlah olahan berbahan dasar nanas juga banyak diproduksi disini. Tidak ada salahnya untuk dicoba.

5. Lempok Durian



Sebagai salah satu daerah di Sumatra, Jambi juga dikenal dengan duriannya. Tak hanya sebagai buah yang langsung dimakan. Durian Jambi juga banyak diolah menjadi jenis makanan tertentu. Salah satunya adalah Lempok Durian. Di beberapa gerai makanan khas Jambi, Lempok juga banyak dijual.

6. Duku Kumpeh



Sama seperti pempek, seputar buah duku juga pernah menjadi polemik antara Jambi dengan Sumsel. Kedua daerah saling klaim akan buah ini. Namun apapun itu, faktanya, bagi anda yang sudah mencicip Duku Kumpeh bisa dipastikan akan bilang "duku ini enak". Duku Kumpeh memang tumbuh dan besar di Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi.

Tak hanya dipasaran lokal, duku ini juga melalang buana setelah di ekspor ke berbagai negara khususnya Asia. Faktanya, banyak pedagang-pedagang buah asal Palembang yang sengaja datang ke Jambi untuk memborong duku asli Kumpeh ini. Beberapa daerah di Jambi juga banyak ditumbuhi duku dengan kualitas cukup baik. Namun memang, bagi sebagian besar warga Jambi, Duku Kumpeh dikenal sebagai duku dengan kualitas terbaik.

7. Aneka Jenis Kue





Seperti daerah lain pada umumnya, Jambi juga memiliki beberapa aneka jenis kue yang patut dicoba kala anda berkunjung ke 'Bumi Tanah Pusako Betuah' ini. Beberapa jenis kue yang ada di Jambi diantaranya adalah, kue buayo berenang, kue padamaran, kue ketan srikayo, kue lumpang, kue bawang putih, kue bolu kojo dan aneka jenis kue lainnya.



8. Kopi 'AAA'



Kopi 'AAA' sebenarnya adalah merek dagang salah satu perusahaan kopi asli Jambi. Hanya saja, kopi merek ini hanya dijual di Jambi. Namun, seiring waktu, kopi 'AAA' banyak dikenal orang dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Jambi yang banyak dijadikan jajanan bagi para pengunjung. Daerah Jambi juga dikenal sebagai lumbung kopi seperti Kabupaten Kerinci, Merangin dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar).

9. Teh Kajoe Aro



Teh ini juga merupakan merek dagang. Teh Kajoe Aro berasal dari hamparan teh perkebunan di Kabupaten Kerinci yang merupakan peninggalan Belanda. Konon, teh asli perkebunan Kerinci menjadi salah satu teh kegemaran bagi keluarga kerajaan di Eropa seperti Inggris dan Belanda.




Sumber

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 12:58:00 AM

3 comments:

  1. Di Indonesia memang kaya akan jenis oleh oleh khas dari berbagai kota.

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IGpoker..

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB