RESEP MEMBUAT TAPE KETAN PUTIH ENAK

Posted by Menginspirasi Bersama on 4:44:00 AM



Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak - Bagi anda pecinta jajanan pasar siapa sih yang tak mengenal makanan atau camilan yang manis dan segar ini ? terbuat dari ketan putih , tape ketan atau pulut ini memang menjadi salah satu makanan atau cemilan vaforit bagi sebagian masyarakat luas . tape ketan biasanya di olah dengan di bungkus dengan daun pisang dan tunggu beberapa malam untuk dapat menikmatinya . harus ektra sabar memang dalam mengolah tape ketan , tapi waktu menunggu itu akan terbalaskan oleh hasil yang sangat enak , manis dan menyegarkan .

Tape ketan biasanya di hadirkan saat acara-acara tertu seperti sebagai hidangan cemilan saat hajatan , acara pesta , syukuran , arisan atau acara-acara special lainnya . rasa yang manis dan asem yang dihadirkan oleh tape ketan memang sangat unik . tapi rasa yang unik itu yang membuat tape ketan ini di cari oleh berbagai masyarakat luas . saya juga penggemar tape ketan , jika ada yang hajatan pasti yang saya cari adalah tape ketan .

Tapi masa iya sih mau makan tape ketan harus nunggu ada yang hajatan dulu ? hehehe sedih amat yaa . walau pun dipasar tradisional sekarang juga ada beberapa pedagang yang menjual tape ketan , tetapi tidak ada salahnya loh kalau membuat tape ketan sendiri dirumah . hhmm gimana rasanya yah ? tentunya akan lebih enak dan menyenangkan bukan ? apalagi di buat dengan tangan sendiri pastinya hasilnya pun akan sangat nikmat .

Keluarga pasti akan senang menikmati tape ketan atau pulut yang anda buat dirumah . anda dapat menikmati tape ketan bersama keluarga saat nonton tv , acara keluarga atau saat berkumpul dengan sanak saudara yang mampir kerumah anda . apa lagi jika anda punya suami atau calon mertua yang sangat menyukai tape ketan , jangan sampai anda tidak jadi mantunya gara-gara tidak bisa membuat tape ketan ya , biar ga galau heheheheh

Nah untuk anda yang mulai tertarik dengan tape ketan dan ingin membuatnya dirumah , tapi tidak tahu cara membuatnya . mungkin anda dapat berbahagia , karena kali ini saya akan membahas habis tentang tape ketan . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan cukup mudah dirumah . untuk lebih jelasnya dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan lihat bahan-bahan dan cara membuatnya dibawah ini .

Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak

Bahan-bahan Tape Ketan Putih Enak :


  •  ketan )
  • Beras ketan putih 1 kilo gram
  • Ragi 1 butir
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya daun pisang ( untuk membungkus adonan tape

Cara Membuat Tape Ketan Putih Enak :


  • Pertama-tama cuci bersih beras ketan nya , rendam kurang lebih selama 2 jam , lalu tiriskan .
  • Kemudian kukus hingga beras ketan putih benar-benar matang , angkat .
  • Setelah ketan yang sudah dikukus dingin , lalu taburi ragi yang sudah dihancurkan dan di ayak halus hingga benar-benar rata .
  • Lalu cairkan gula yang sudah di siapkan tadi dengan sedikit air .
  • Selanjutnya bungkus ketan putih yang sudah diberi ragi tadi dengan daun pisang , jangan lupa setiap bungkus di beri gula yang sudah dicairkan tadi sekitar satu sendok makan .
  • Taruh di wadah , lalu tutup rapat untuk melakukan fermentasi , lalu diamkan selama 2 malam .
  • Setelah tercium bau wangi khas tape ketan , tape ketan pun siap untuk dihidangkan .

Nah itu dia bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan tape ketan beserta cara pembuatannya , cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi dengan Resep Membuat Tape Ketan Putih Enak ini .




Nama Anda
New Johny WussUpdated: 4:44:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB