6 HAL YANG BISA KAMU LAKUKAN SAAT BERWISATA KE LOMBOK

Posted by Menginspirasi Bersama on 6:48:00 PM



Berwisata rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi tempat wisata yang ada di daerah Indonesia Timur. Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dengan keindahannya adalah Pulau Lombok.

Banyak sekali tempat wisata di Lombok, baik tempat wisata alam maupun wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi. 6 hal yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke Lombok. Berikut daftar serta penjelasannya.

1 Mengunjungi Rumah Adat Dusun Sade



Dusun Sade merupakan dusun yang terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat di dusun ini merupakan penduduk dari Suku Sasak di mana suku tersebut masih memegang erat budaya asli Lombok hingga saat ini. Oleh karena itu, Dusun Sade ditetapkan sebagai tempat wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di dusun tersebut, kamu akan melihat rumah adat khas Sasak yang masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Sedangkan rumah warganya dibangun dengan bambu dan atapnya terbuat dari daun alang-alang.

2 Mengunjungi Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok



Bagi kamu yang suka melakukan olahraga surfing, kamu bisa mengunjungi Desert Point, Lombok. Tempat ini dinobatkan oleh International surfing Association sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas.

Untuk rute menuju Desert Point bisa dikatakan cukup sulit. Kami basa menaiki kapal Ferry jika dari Bali menuju pelabuan Lembar, Lombok.

Jika kamu sudah sampai di Pelabuhan Lembar, kamu harus menyewa mobil atau menggunakan jasa travel untuk menuju Desert Point. Waktu yang ditempuh dari Pelabuhan Lembar menuju Desert Point kurang lebih 2 jam perjalanan. Sesampainya di Desert Point, kamu bisa menyewa tempat penginapan yang sudah tersedia di sana.

3 Menikmati Keteduhan Hutan Lindung Sesaot



Jika kamu suka mengunjungi tempat wisata alam, kamu bisa datang di Hutan Lindung Sesaot. Hutan ini terletak di Desa Sesaot, sekitar 5 km dari Kecamatan Narmada. Hutan Lindung Sesaot ini terdiri dari hutan lindung dan hutan wisata. Luas area hutan ini kurang lebih 5.000 hektar. Sekitar 43% dari areal hutan merupakan hutan buatan.

Saat kamu berada di dalam hutan, kamu bisa menikmati ketenangan, kesunyian dan udara yang sejuk. Kamu bisa bersantai melepaskan rasa lelah akibat kesibukan pekerjaan.

4 Melihat Air Terjun Tiu Kelep



Mungkin, kamu pernah sering mendengar Air Terjun Sendang Gile. Air terjun tersebut sangat terkenal. Ternyata, di kawasan Air Terjun Sendang Gile juga terdapat air terjun lagi yang bernama Air Terjun Tiu Kelep.

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan terdapat kolam di bawahnya dengan kedalaman kurang lebih satu meter.

Ada mitos yang beredar mengenai kolam tersebut. Bagi siapa saja yang berenang atau mandi di kolam tersebut, maka seseorang tersebut akan awet muda. Namun, hal ini hanya sekedar mitos saja. Jangan pernah meyakini mitos tersebut. Yang jelas jika kamu mandi di kolam renang tersebut, kamu akan lebih segar dari sebelumnya.

5 Menikmati Iga Sapi Bebalung Mataram



Iga sapi bebalungan merupakan makanan yang wajib dihidangkan saat hajatan. Makanan ini terbuat dari tulang iga sapi dengan racikan bumbu khas daerah Lombok. Bumbu khas tersebut terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas dan kunyit. Biasanya, bebalungan ini disajikan dengan menggunakan mangkok.

Bagi kamu yang ingin mencicipi makanan ini, kamu bisa datang langsung ke salah satu tempat makan yang cukup terkenal dengan menu bebalungannya di di Jalan HOS Cokroaminoto Mataram, letaknya tepat berada di belakang kantor Gubernur NTB.

6 Menikmati Sate Rembiga Mataram



Resep sate rembiga ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan. Salah satu keluarga dari Raja Penjanggik yang tinggal di Rembiga lah yang ahli dalam membuat sate. Kemudian, resep tersebut turun temurun hingga saat ini.

Kini, banyak warga Rembiga yang bisa membuat sate ini dan mereka menjadikan resep warisan nenek moyang sebagai usaha yang mengangkat perekonomian mereka.

Sate rembiga ini menggunakan bahan baku utama daging sapi. Mungkin, terdengar aneh bagi kamu yang belum pernah merasakan sate yang terbuat dari daging sapi. Karena umumnya sate terbuat dari daging ayam dan kambing. Namun, ternyata sate ini sangat enak.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa datang di Warung Rembiga di Jalan Dakota Nomor 2 Rembiga, Mataram.

Warung Rembiga tersebut merupakan warung yang pertama kali memperkenalkan sate rembiga. Warung ini sudah berdiri sejak 25 tahun. Oleh karena itu, tidak bisa disangsikan lagi kelezatan racikan masakan sate rembiga di warung ini.



Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:48:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB