6 OLEH-OLEH KHAS DARI BUMI RAFFLESIA YANG BISA KAMU JADIKAN BUAH TANGAN

Posted by Menginspirasi Bersama on 1:12:00 AM

Bagi kamu yang suka traveling belum lengkap rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas daerah yang dikujungi. Terlebih daerah tersebut memiliki banyak sekali kekhasan yang dapat dijadikan oleh-oleh mulai dari makanan, miuman, hingga kerajinan tangan. Berbicara tentang oleh-oleh, ada beberapa kekhasan dari provinsi Bengkulu atau yang biasa disebut Bumi Rafflesia yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh.

Oh ya FYI, Bengkulu disebut sebagai bumi rafflesia karena provinsi ini merupakan tempat pertama kalinya ditemukan bunga rafflesia oleh Sir Stamford Raffles dan Dr Joseph Arnold pada tahun 1818. Mau tau apa saja yang khas dari bumi rafflesia ini?

1. Lempok Durian


Makanan ini merupakan dodol yang terbuat dari daging buah durian. Rasanya yang manis dan wangi khas durian pun akan sangat terasa saat kita memakan makanan ini. Bagi pencinta durian, makanan khas Bengkulu yang satu ini tidak boleh dilewatkan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

2. Kue Perut Punai


Bentuknya yang melilit dan melingkar seperti isi perut burung punai membuat makanan ini diberi nama perut punai. Makanan khas Bengkulu yang satu ini ada beberapa varian rasa, seperti rasa original (gurih) dan juga manis yang berasal dari gula aren yang dibuat karamel. Bagi kamu yang suka ngemil, makanan ini tidak boleh ketinggalan untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Kue Tart


Kue tart atau disebut juga juada bay tart merupakan kue khas Bengkulu yang konon kue ini dulunya merupakan makanan khas para raja di Bengkulu. Kue ini berbentuk segiempat seperti tart namun tampilannya seperti pie. Biasanya kue ini bertoping nanas. Jika kamu berkunjung ke Bengkulu dan ingin membeli kue ini sebagai oleh-oleh, kamu dapat dengan mudah membelinya di pusat oleh-oleh yang tersebar di kota Bengkulu

4. Sirup Kalamansi


Sirup kalamansi merupakan minuman khas Bengkulu yang terbuat dari jeruk kalamansi dan gula pasir. Sirup ini dapat diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Selain segar minuman ini kaya akan vitamin C dan memiliki banyak sekali manfaat seperti anti oksidan, memperlancar sirkulasi darah, mencegah penyakit pernafasan, penguat tulang, dan memacu pertumbuhan.

5. Batik Besurek


Batik ini merupakan batik khas Bengkulu. Batik ini berciri khas motif kaligrafi yang biasanya dipadukan dengan motif bunga rafflesia,  burung kuau, motif relung paku, dan motif rembulan. Batik basurek ini memiliki warna yang cerah dan beragam. Jika kamu berkunjung ke Bengkulu tidak ada salahnya membeli batik ini sebagai oleh-oleh.

6. Kerajinan Kulit Lantung


Kerajinan dari kulit lantung merupakan souvenir khas Bengkulu. Kulit lantung merupakan kulit dari kayu kerap. Souvenir dari kulit lantung ini ada yang berbentuk gantungan kunci, tas, miniature tabot, bunga Rafflesia, dan lain sebagainya. Selain unik souvenir kulit lantung ini dapat dengan mudah ditemukan dipusat oleh-oleh yang ada di Bengkulu, selain itu harganya pun sangat terjangkau.

Jadi jika kamu berkunjung ke Bengkulu jangan lupa membeli oleh-oleh khas dari bumi rafflesia ini.

Love this article? Share it!




Sumber

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 1:12:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB