8 KULINER KHAS BENGKULU YANG WAJIB ANDA COBA

Posted by Menginspirasi Bersama on 1:08:00 AM

Berbicara tentang makanan, Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai banyak makanan khas disetiap daerahnya. Salah satunya adalah Bengkulu. Bengkulu merupakan suatu daerah dengan keberagaman kuliner khasnya. Berikut kami sajikan 10 kuliner khas Bengkulu yang wajib ada coba.

1. Gulai


Gulai Khas BengkuluKuliner khas Bengkulu yang pertama adalah Gulai. Gulai adalah jenis kuliner yang bahan utamanya menggunakan santan kelapa yang isinya bisa berupa sayuran, ikan, udang dan lain-lain. Sedangkan untuk bumbu-bumbunya menggunakan bumbu yang dipakai gulai biasa seperti cabe, lengkuas, jahe, bawang merah, kunyit, bawang putih serta dedaunan seperti daun salam, daun jeruk, daun kunyit, dan serai.

Di daerah Bengkulu terdapat beragam jenis gulai, di antaranya adalah: gulai lepang (timun) masak, gulai teghung (terong), gulai rebung manis, gulai ikan palau, gulai kambas, gulai bungo sesilo (bunga pepaya) dan banyak lagi yang lain.

2. Tempoyak


TempoyakKuliner khas Bengkulu yang kedua adalah Tempoyak. Tempoyak adalah kuliner dari fermentasi buah durian. Rasa tempoyak yang asam merupakan ciri khas lidah Bengkulu. Kuliner ini juga dapat diolah menjadi sambal atapun saus. Sebenarnya, tempoyak adalah makanan khas dari tiga daerah sekaligus, yakni daerah Jambi, Palembang, dan Bengkulu.

Tempoyak dapat dimakan langsung. Tapi hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan rasanya yang asam dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Dikutip dari situs id.wikipedia.org, diriwayatkan dalam Hikayat Abdullah bahwa tempoyak merupakan kuliner sebagai makanan sehari-hari penduduk Terengganu. Ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi mengunjung Terengganu (sekitar tahun 1836), ia berkata bahwa salah satu makanan kegemaran penduduk setempat adalah tempoyak.

3. Rebung Asam Undak Liling


Rebung asamKuliner khas Bengkulu yang ketiga adalah Rebung Asam Undak Liling. Kuliner ini merupakan sejenin masakan atau makanan yang bahannya adalah bambu. Di Bengkulu, masakan dari bambu menjadi salah satu kuliner yang lezat untuk dinikmati. Rebung merupakan tunas dari bambu. Karena teksturnya tunas tersebut masih lunak, rebung dapat diiris-iris tipis seperti layaknya sayuran mentimun atapun pepaya muda.

Untuk proses pembuatannya membutuhkan kesabaran yang tinggi, diawali dengan merendam rebung yang dilakukan berhari-hari agar mendapatkan kelembutan dan rasa keasaman yang pas. Setelah itu rebung digulai sert ditambahkan dengan liling. Liling adalah sejenis siput sawah yang berwarna hitam. Rasa gurih pada kuliner ini didapat setelah rebung dan liling dilumuri kuah asam, vabai, tomat, bawang, santan, dan serai. Perpaduan bumbu-bumbu tersebut dimasak dengan air hingga mendidih dan akhirnya kenikmatan rebung asam undak liling siap mengguncang lidahmu.

4. Pendap


PendapKuliner khas Bengkulu yang keempat adalah Pendap. Jika dilihat sekilas , yang tahu makanan yang namanya boto, maka pendap secara sekilas akan mirip makanan tersebut. Botok dengan pendap memiliki bentuk yang sama karena dibungkus dengan daun, memiliki bahan yang sama yakni dengan kelapa,serta sama-sama menggunakan daging. Namun pendap berasa lebih asam yang didapat dari proses lamaketika perebusan serta bumbu racikan yang bervariasi.

Kuliner ini terkenal dengan rasanya yang kuat. Hal tersebut dikarenakan bumbu-bumbunya yang beraneka ragam. Untuk membuatnya, beberapa racikan yang perlu disiapkan adalah bawang putih, bawang merah, kencur, kelapa, cabai giling, dan tentunya daging ikan yangsegar. Kemudian bahan-bahan tersebut diaduk dengan kelapa yang sudah diparut. Setelah proses pencampuran sudah merata, bumbu-bumbu tersebut dimasukkan sepotong ikan kemudian direbus selama 8 jam.

5. Lepek binti


Lepek BintiKuliner khas Bengkulu yang kelima adalah Lepek Binti. Lepek binti adalah kuliner sejenis kue khas Bengkulu. Untuk proses membuatnya, kita butuh mempersiapkan dua bagian kue ini, yaitu bagian adonan kulit serta isian yang nantinya siap diselimuti adonan kulit. Untuk adonan kulit, kue ini terbuat dari tepung ketan, garam, dan santan. Sedangkan untuk isian adalah gilingan daging sapi yang dibuat dengan dicampur bumbu santan, lengkuas serta daun salam. Semua bahan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan direbus. Seiring perubahan masa, kue inipun diolah dengan cara yang berbeda dan isinyapun mulai bervariasi.

6. Bagar hiu


Bagar hiuKuliner khas Bengkulu yang keenam adalah Bagar Hiu. Bagar Hiu adalah kuliner khas Bengkulu pertama yang berbahan dasar dari ikan hiu. Sesuai dengan namanya, kuliner ini menggunakan daging ikan hiu dan biasanya jenis yang digunakan yaitu hiu punai atau hiu tanduk karena rasa dan aronya yang tidak terlalu amis serta memiliki kulit yang lembut. Konon, bagar hiu adalah salah satu makanan terfavorit mantan Presiden Indonesia pertama Ir.Soekarno selama masa pengasingan pada 1938-1942.

Untuk membuatnya bumbu-bumbu yang perlu disiapkan yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas serta aneka bumbu-bumbu dasar lainnya untuk melengkapi cita rasa makanan ini. Kelapanya nantinya tidak dibuat santan. Sehingga, bagar hiu itu tidak menggunakan santan meski ada kelap di masakannya.

Ketika dalam proses pengolahan hiu, perlu waktu dan kesabaran ekstra. Hal ini dikarenakan bau amis serta sedikit anyir pada daging hiu sangat sulit dihilangkan. Biasanya untuk menghilangkannya, masyarakat membersihkan daging hiu secara berulang-ulang dengan merendam dalam air serta menambah perasan daun pisang dan jeruk nipis.

7. Lema


lemaKuliner khas Bengkulu yang ketujuh adalah Lema. Lema merupakan sebuah nama makanan khas Rejang di daerah Begkulu. Komposisinya masakannya terdiri dari rebung yang dicincang-cincang serta dicampur ikan air tawar seperti ikan mujair, sepat, atapun ikan-ikan kecil yang hidup di air tawar. Setelah cincangan rebung dan dicampur dengan ikan tersebut diaduk-aduk, maka jadilah adonan dan disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat-rapat.

Proses fermentasi adonan ini membutuhkan waktu minimal selama tiga hari. Setelah itu, adonan lema tadi baru dimasak dan dimakan dengan nasi sebagai lauk.

8. Kue Tat


kue tatKuliner khas Bengkulu yang terakhir adalah Kue Tat. Kue Tat merupakan salah satu jenis kuliner yang berupa Kue. Pada umumnya kue ini lebih sering ditemui ditengah-tengah masyarakat ketika perayaan seperti pernikahan ataupun hari raya besar umat Islam. Bedakan antara kue tat dengan kue tart yang dipakai acara ulang tahun atau yang lainnya karena memang benar-benar berbeda. Kue Tat yang ini terbuat dari campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam serta mentega. Dalam penyajiannya kue ini biasanya ada yang berukuran besar ataupun ukuran kecil, yang besar bentuknya segi empat dan diatasnya dihiasi dengan parutan nanas ataupun kelapa dicampur dengan gula merah yang bertujuan mempermanis penampilan dan menambah kenikmatan rasanya. Menurut cerita, kue ini adalah kue khas para raja-raja di Bengkulu pada zamannya.

Demikian merupakan 7 Kuliner Khas Bengkulu yang Wajib Anda Coba. Semoga informasi tersebut menambah wawasan anda dan menjadi referensi ketika anda berkunjung di Bengkulu.




Sumber

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 1:08:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB