KEINDAHAN OBJEK WISATA GOA PINDUL DI GUNUNG KIDUL

Posted by Menginspirasi Bersama on 5:48:00 PM



Goa Pindul merupakan salah satu destinasi yang sangat cantik di kawasan Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Tempat wisata ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul Yogyakarta. Goa Pindul merupakan salah satu gua yang di dalamnya terdapat sebuah aliran sungai bawah tanah yang memanjang dari mulut gua sampai ekornya.

Wisata Goa Pindul resmi dibuka untuk umum pada 10 Oktober 2010. Gua ini mempunyai pemandangan yang sangat eksotis, jadi tidak usah heran bila banyak wisatawan yang berbondong-bondong setiap harinya untuk menikmati keindahan objek wisata Goa Pindul. Berikut ini adalah ulasan tentang keindahan Goa Pindul yang sangat eksotis.

1 Lokasi Goa Pindul



Lokasi Goa Pindul berada di Yogyakarta atau lengkapnya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Berikut beberapa rute perjalanan untuk menuju lokasi wisata Goa Pindul.

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul.

2 Legenda Goa Pindul Yogyakarta



Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, kisah dari Goa Pindul ini cukup menarik dan terkesan lucu. Pada zaman dahulu ada seoarang anak yang bernama Joko Singlulung. Suatu saat anak ini bertekad untuk mencari ayahnya yang telah lama hilang. Dia mulai petualangannya dengan melewati hutan yang lebat, gua pun ia telusuri untuk menemukan ayahnya.

Tapi naas ketika Joko Singlulung tiba di sebuah gua yang ada aliran airnya kepalanya terbentur pada sebuah batu besar. Kejadian tersebut menyebabkan membuat kepalanya benjol dan pipinya terbentur, yang dalam bahasa Jawa “Pipi gebendul”. Dari cerita inilah nama Goa Pindul diambil yakni singkatan dari pipi gebendul. Hemm, cerita yang unik yaaa…

3 Keindahan Objek Wisata Goa Pindul



Goa Pindul memang menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Pada bagian tengah gua terdapat sebuah ruangan yang lumayan besar dan tentunya menarik untuk dinikmati.

Ada sebuah lubang di atas gua ini sehingga memungkinkan cahaya langsung masuk ke dalam gua sehingga menyebabkan pantulan cahaya di dalam air yang sangat mengagumkan. Masyarakat sekitar menyebut tempat ini sebagai sumur terbalik. Karena suasana yang cukup baik dan menarik.

Seperti kebanyakan wisata gua yang lain, Goa Pindul juga memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Yang membedakannya adalah ukuran dan kapasitasnya.

Stalakmit dan stalaktit yang ada di Goa Pindul diperkirakan berusia ribuan tahun, sehingga mempunyai bentuk yang sangat besar. Tak hanya itu ternyata stalakmit dan stalaktit yang ada di Goa Pindul masih aktif jadi jangan heran kalau ukurannya akan semakin membesar setiap tahunnya.

Di sepanjang perjalanan mengarungi Goa Pindul kamu akan disuguhi lukisan ornamen pada dinding gua. Lukisan di dinding gua dipadukan dengan cantiknya hiasan batu kristal yang membuatnya terlihat indah.

Sebuah warisan alam murni dengan keindahan lukisan abstrak sehingga membuat Goa Pindul semakin terlihat keeksotisannya. Di tambah dengan tetesan air pada dinding gua, seakan menambah lengkapnya suasana.

4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Goa Pindul



Bila memasuki kawasan Bejiharjo, kamu akan banyak menemui deretan pemandangan batuan kars. Tempat wisata ini memang memiliki tekstur tanah berkapur dan kaya akan batu kars. Deretan batu yang ada di desa ini menawarkan pemandanganya yang sangat apik sehingga sayang untuk dilewatkan.

Selain menikmati keindahan Goa Pindul kamu juga bisa mengunjungi kali Oya. Kali ini merupakan sebuah sungai yang berada tidak jauh dari lokasi Goa Pindul.

Kalau di Goa Pindul kamu bisa mengarungi aliran sungai bawah tanah yang tenang maka hal sebaliknya ada pada sungai Oya. Di sungai ini kamu akan ditantang untuk mengarungi derasnya aliran air di Kali Oya dengan melakukan rafting.

Untuk perlengkapan rafting kamu bisa menyewanya pada pengelola tempat wisata yang telah menyediakannya seperti perahu karet beserta dengan pelampungnya. Tenang saja, harga sewa peralatan rafting di sini cukup terjangkau kok.

Kali Oya mempunyai panjang sekitar 1,5 km ini juga menawarkan sebuah pemandangan yang mengagumkan. Hijaunya dedaunan serta barisan batu kars di tepi sungai serta balutan rindangnya pepohonan akan menemanimu sepanjang sungai ini.

5 Oleh – oleh dan Kuliner Goa Pindul



Karena lokasi wisata Goa Pindul yang tidak jauh dari Yogyakarta maka oleh-oleh dan kuliner yang ada di tempat wisata ini kebanyakan adalah oleh-oleh khas Yogyakarta. Salah satu oleh-oleh tersebut adalah bakpia pthok, yangko, Coklat Monggo. Selain itu kamu bisa merasakan nikmatnya kuliner gudeg khas Yogyakarta.

6 Tips Berwisata di Goa Pindul



Bagi kamu yang ingin mengunjungi Goa Pindul berikut ada beberapa tips agar kamu bisa menikmati liburan dengan aman dan nyaman.

Sebelum mengarungi sungai periksalah ban karet dan pelampung sebelum digunakan
Pakailah ban karet atau pelampung dengan baik dan benar. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan
Usahakan kamu membawa head lamp, alat ini akan sangat membantu kamu untuk menjelajahi Goa Pindul.
Waktu terbaik untuk melakukan cavetubing di Goa Pindul adalah di pagi hari tepatnya sekitar pukul 09.00, karena pada saat – saat tersebut, matahari bersinar sehingga cahayanya masuk dari lubang besar pada atap gua hal ini akan menambah keindahan dari Goa Pindul. Selain itu, pada pagi hari, air di gua tidak terlalu dingin sehingga sangat tepat untuk dinikmati.
Karena sudah sampai di desa Bejiharjo, jangan sampai lewatkan objek wisata lain seperti Gua Gelatik, Kali Oya, situs purbakala Sukoliman, dan monumen bersejarah Jendral Sudirman.
Gunakan jasa pemandu agar memudahkan Anda berwisata di Goa Pindul dan tentunya berbagai wisata lain yang ada di sekitar wilayah Yogyakarta.




Sumber

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 5:48:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Privacy Policy

CB